Berita

Tabligh Akbar Daring, Inisiasi Cordofa Tetap Syiar di Tengah Pandemi Corona

Corps Dai Dompet Dhuafa mengambil inisatif untuk tetap menyebarkan manfaat di tengah kondisi virus Corona (Covid-19) dengan menggelar tabligh akbar menggunakan mode daring. Tabligh akbar ini digelar dengan tema “Optimalisasi Ibadah Ramadan di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19”.

Tak tanggung-tanggung, Cordofa mengundang Ustaz Abdul Somad, Lc MA Phd sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Tabligh Akbar Daring dicetuskan sebagai upaya edukasi dan pencerdasan kepada masyarakat ditengah kondisi Covid-19 yang belum usai saat memasuki bulan Ramadan.

Optimalisasi ibadah Ramadan menjadi fokus utama yang dibahas dalam tabligh akbar, mengingat Ramadan tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebagaimana telah dikonfirmasi melalui beredarnya Fatwa MUI nomor 14 tahun 2020 tentang panduan ibadah selama Covid-19 dan Surat Edaran Kementrian Agama nomor 6 tahun 2020 terkait kebijakan dan panduan ibadah selama bulan Ramadan.

“Program ini dimaksudkan agar masyarakat teredukasi dengan baik, mengingat Ramadan kali ini dengan kondisi pandemi Covid- 19. Tentu, akan terasa berbeda. Oleh karenanya, tabligh akbar ini diadakan agar masyarakat dan kita semua mampu mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadan nanti,” ujar Ustaz Ahmad Pranggono, SPV Dakwah Nasional Corps Dai Dompet Dhuafa

Kebijakan untuk mencegah penularan virus seperti ditiadakannya salat Tarawih berjamaah di masjid, pembatasan itikaf, dan aturan lainnya, tentu menyisahkan tanda tanya di benak masyarakat. Karena itu, Cordofa melihat, sangat penting bagi insan dai untuk terus memberikan edukasi terkait panduan ibadah yang telah disosialisasikan. Agar, mampu ditaati bersama dan mencari cara agar ibadah Ramadan tetap optimal Walau kondisi pandemi Covid-19 masih berlanjut.

Selain mengadakan tabligh akbar daring, dalam kegiatan tersebut, Cordofa juga turut mengadakan launching program Dakwah Digital Global yang juga inisiatif dari Cordofa untuk tetap mensyiarkan Islam dan menebarkan manfaat kala kondisi pandemi Covid-19. Program ini menyasar pada kegiatan-kegiatan keislamanan berbasis online atau daring selama masa pandemi berlanjut.

“Inisiasi ini kami cetuskan dengan upaya agar mampu tetap memberi manfaat kepada masyarakat dan mengoptimalkan media daring dengan tetap mengadakan syiar Islami. Semoga dengan ini, masyarakat luas bisa tetap mendapatkan ilmu,” ujar Imam Al Faruq, Manajer Dakwah Corps Dai Dompet Dhuafa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *